Iklan Gambar

Cara Membuat Martabak Telur Spesial

Advertisement
ADSENSE
Cara membuat martabak yang paling spesifik adalah membuat martabak telur spesial yang cocok dihidangkan saat lapar dan penghilang rasa stres saat kita selesai melakukan sebuah pekerjaan. Refreshing atau beristirahat dengan dibarengi makan martabak telur tentu lebih nikmat, apalagi cara membuat martabak ini dibilang lebih mudah. Jadi anda yang ingin mencobanya, jangan berpikir untuk membelinya dulu walau banyak yang menjualnya.

Cara membuat martabak dengan menciptakan kreasi

Kalau anda beruntung, malah anda bisa menciptakan kreasi martabak telur spesial buatan anda sendiri dan menjadi bisnis yang menjanjikan. Memang untuk membuat suatu makanan harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.

Untuk lebih cepat dalam membaca cara membuat martabak atau martabak telur spesial bukan martabak manis ini bisa kita simak bersama-sama di bawah ini dan praktekkan segera untuk bisa dicoba dihidangkan bersama teman-teman anda.
Cara Membuat Martabak Telur Spesial Langkah Panduan Mudah Gampang Bikin Martabak Telur Spesial Dengan Bahan Nikmat Enak Terbaru Kreasi

Cara membuat martabak telur spesial bahan-bahan

Bahan Kulit Martabak :

100 gram tepung terigu
air matang secukupnya
2 sdm telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)
1 sdm minyak/margarine cair
garam secukupnya

Bahan isi Martabak :

300 g daging giling
1 batang daun bawang iris, dicampurkan saat menumis daging giling
4 batang daun bawang iris
6 sdm bawang bombay iris
4 bawang putih, haluskan
1 sdt curry powder
6 butir telur
merica dan garam secukupnya.

Saus Martabak :

2 sdm kecap asin
1 sdt air asam jawa
garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)
1 sdm saus tomat
1 sdm sambal botol (bisa diganti irisan cabai rawit hijau)
irisan ketimun
2 sdm air matang

horizontal

Cara Membuat Kulit Martabak :

Campur tepung terigu dengan minyak/margarine cair, telur serta garam, imbuhkan air sedikit untuk sedikit sembari diuleni sampai adonan kalis.
Untuk adonan jadi 2 sisi, bulatkan serta rendam dengan minyak goreng.
Diamkan sepanjang 1-2 jam. untuk jam pertama adonan mesti terendam seluruh didalam minyak goreng, untuk jam selanjutnya angkat adonan yang tetap terlumuri dengan minyak letakkan didalam wadah/mangkok, serta tutup dengan kain/serbet.

Cara Membuat isi Martabak :

Tumis bawang bombay, bawang putih, sampai harum, masukkan daging giling, curry powder, merica, irisan dari batang daun bawang serta garam.
aduk-aduk sampai daging masak serta air yang keluar dari daging giling berkurang. angkat. Sisihkan, untuk jadi 2 sisi.
Kocok 4 butir telur ( pada mulanya telah di ambil 2 sdm untuk campuran buat adonan kulit ), bikin orak-arik 1/2 masak. sisihkan., Untuk jadi 2 sisi.

Cara Membuat Saus Martabak :

Campur semua bahan kuah menjadi satu.

Penyelesaian :

ambillah sisi adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar hingga agak melebar. Pegang ke-2 ujung adonan, putar dari segi kiri kekanan kembali di tempat awal mulanya berulang-ulang hingga adonan jadi tidak tebal ( dapat juga dengan digilas-gilas ).
ambillah mangkuk, isi dengan buah telur kocok, daging giling, orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang, garam, merica. aduk-aduk. Untuk adonan kulit yang ke-2, lakukan langkah yang sama juga dengan adonan kulit yg pertama, begitupun untuk berisi.
Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang telah ditipiskan. isi sisi tengahnya dengan adonan didalam mangkuk tadi, lipat sisi tepi kulit kearah sedang, sampai tertutup rapat, goreng hingga masak. angkat. Sajikan pada saat panas/hangat dengan kuahnya.

Resep untuk : 2 buah martabak Telur Spesial (6 iris/buah)
Pembuatannya cukup mudah bukan? Memang mudah jika anda telaten atau tidak malas untuk mempelajari cara membuat martabak kali ini. Coba nanti saya mungkin akan lebih banyak memberikan koleksi kuliner yang bisa saya bagikan untuk anda.
Advertisement
ADSENSE
Artikel Menarik Lainnya
Seopeyek - Manis Manja Template by Rempelok™. Authorized by Dessy Puspawati