Iklan Gambar

Tata Cara Sholat Dhuha

Advertisement

Tata cara sholat dhuha tak banyak berbeda dengan sholat wajib. Bedanya adalah untuk ibadah sholat dhuha ini kita bisa melakukannya saat matahai sedang naik, antara jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Banyaknya rakaat adalah maksimal 12 rakaat dengan setiap 2 rakaat melakukan salam. Jadi seperti sholat subuh, 2 rakaat tapi dijalankan maksimal 4 kali dengan artian 12 rakaat. Tapi anda juga boleh melakukannya sebanyak 2, 4, 6, 8, atau 12.

Sedangkan untuk tata cara sholat dhuha ini bisa dibilang mudah, hanya saja anda mau melakukannya berapa rakaat dan diakhiri dengan doa setelah sholat. Maka dari itu ikuti beberapa tata cara sholat dhuha yang baik dan benar secara lengkap di bawah ini dan jangan sampai terlewatkan satu pun.
Tata Cara Sholat Dhuha Dengan Langkah Cara Melaksanakan Ibadah Shalat Sunnah Dhuha Baik Dan Benar Disertai Doa Setelah Sholat Dhuha
1. Niat didalam hati berbarengan dengan Takbiratul Ihram
"Usholli sunnatadhuha rak ‘ataini mustaqbilal qiblati ada al lillaahi ta’aala"
"Aku niat shalat sunah Dhuha 2 rakaat karena Allah"

2. Membaca doa Iftitah
3. Membaca surat al Fatihah
4. Membaca satu surat didalam Al-Quran. Afdholnya rakaat pertama surat Asy-Syams dan rakaat kedua surat Al-Lail. Ada juga yang penyebutkan rakaat pertama surat Asy-Syams dan rakaat pertama surat Adh-Dhuha.
5. Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali
6. I’tidal dan membaca bacaanya
7. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali
8. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaannya
9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali
10. Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua sebagaimana cara diatas, kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Untuk rakaat selanjutnya bisa diulangi pada langkah-langkah di atas. Untuk doa setelah anda selesai melakukan sholat dhuha adalah sebagai berikut.

Do’a setelah Shalat Dhuha:
"Allaahumma innad dhuha dhuhaauka, wal-jamaala jamaaluka, wal-qudrota qudratuka, wal-’ishmata ‘ishmatuka. In kaana rizqii fil-ardhi fa akhrijhu, wa in kaana fissamaa’i fa anzilhu, wa in kaana haraaman fa thahhirhu, bi haqqi dhuhaaika wa jamaalika wa qudratika, ya Allah".

Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya masa pagi ini adalah masa pagiMU, keindahan ini adalah keindahanMU, kuasa ini adalah kekuasaanMU, kenyamanan ini adalah kenyamananMU. Seandainya rizki saya tersembunyi di dalam bumi maka keluarkanlah, jika di langit turunkanlah, jika haram bersihkanlah, berkat kesejatian masa pagiMU, keindahanMU, dan kekuasaanMU, ya Allah.

Mohon maaf apabila saya menuliskannya tanpa adanya tulisan arab karena model tulisannya yang tidak jelas dan sepertinya percuma untuk dituliskan karena terlalu dekat jarak masing-masing huruf. Tapi yang penting tata cara sholat dhuha yang anda lakoni benar tanpa kesalahan. Simak juga tata cara shalat istikharah.
Advertisement
Artikel Menarik Lainnya
Seopeyek - Manis Manja Template by Rempelok™. Authorized by Dessy Puspawati